Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 Januari 2021

Bengawan UV

Share & Comment



Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi gemilang pada ajang bergengsi Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) tahun 2020. Ini dikarenakan, Tim Bengawan UV UNS berhasil menyabet 7 penghargaan pada ajang ini. Tema yang diangkat pada tahun 2020 ini adalah kapal untuk penanganan Covid-19 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)pada Kamis-Sabtu (5-7/11/2020).

General Manager Bengawan UV UNS, Annas Isman Saputro mengatakan, dalam KKCTBN, Bengawan UV UNS sukses menyabet 7 medali dengan rincian sebagai juara 1 Fun Race Elektrik, Juara 2 Poster Autonomous, juara Best Prototipe Kapal Autonomous, juara Best Design Kapal Autonomous, juara 1 Kontes Performa Elektrik ERC, juara Best Desain Kapal Gasoline dan juara 1 Kontes Performa Kapal Gasoline FERC.

“KKCTBN sendiri merupakan agenda tahunan berskala nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI,” terang terang Annas, Selasa (10/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bengawan UV mengirimkan 3 tim untuk kategori prototype, yaitu Antares BUV untuk sub kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV ), Maheswari Udadi untuk sub kategori Fuel Engine Remote Control (FERC) dan El-Moana untuk sub kategori Electric Remote Control (ERC).

Ada pun, durasi pengembangan wahana untuk KKCTBN bagi tim Bengawan UV adalah sekitar 4 bulan. Annas mengaku, mereka terkendala karena pandemi Covid-19. Tantangan yang ditemukan saat itu, mereka hanya memiliki waktu 4 bulan untuk mengembangkan wahana. Sementara Bengawan UV UNS hanya memiliki sedikit komponen sehingga sering merasa kesulitan apabila terdapat komponen yang rusak. Selain itu, kendala dana juga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka karena pendanaan mereka berasal dari penelitian yang mengharuskan dana untuk 1 judul penelitian harus dapat dibagi untuk mengembangkan 3 wahana. Di masa pandemi pula, mereka kesulitan mencari sponsor.

“Walaupun mengalami beberapa kendala, tim Bengawan UV UNS berhasil membuktikan bahwa mereka mampu untuk menaklukkan semua itu. Terus berusaha hingga membuahkan hasil yang baik. Ini merupakan hadiah manis bagi UNS menjelang akhir tahun 2020 ini,” pungkas Annas. 


Selain mengukir prestasi pada ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN), Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga menorehkan prestasi pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 30 Oktober kemarin. Pada ajang ini, Bengawan UV UNS berhasil menyabet juara 2 pada kategori Vertical Take Off and Landing (VTOL).

Pada tahun ini, Bengawan UV UNS mengirimkan 4 tim terbaik mereka pada kategori Fixed Wing, VTOL, Racing Plane, dan Technology Demonstration (TD). Mereka berhasil meraih prestasi pada kategori VTOL. KRTI dilaksanakan secara daring dan Bengawan UV UNS mengambil tempat di beberapa lokasi sekitar kampus UNS. Anagata, nama tim dari Bengawan UV UNS kategori VTOL.

Teknis ajang KRTI dilakukan secara live streaming untuk kategori VTOL, Fixed Wing, dan TD. Sementara, untuk kategori Racing Plane, penilaian dilakukan dengan cara mengirimkan bukti performa wahana berupa video. KRTI tahun ini diikuti oleh 34 tim kategori Racing Plane, 22 tim kategori Fixed Wing, 24 tim pada kategori VTOL, dan 16 tim kategori TD yang masuk ke dalam sub kategori airframe innovation.

Menurut keterangan Annas Isman Saputro selaku General Manager Bengawan UV UNS, wahana yang dibuat untuk kategori VTOL adalah berupa drone multicopter yang memakan waktu 4 bulan.
“Wahana yang dibuat untuk kategori VTOL itu berupa drone multicopter, yang pembuatannya dimaksudkan untuk membantu penanganan Covid-19. Misi dari wahana VTOL adalah mengantarkan 3 buah logistik ke tempat yang ditentukan secara full otomatis tanpa menggunakan GPS. Wahana VTOL ini diperuntukan untuk kebutuhan indoor,” terang Annas pada Senin (16/11/2020) malam.

Bengawan Unammed Vehicle (UV) Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi di masa pandemi Covid-19 ini. Bengawan UV berhasil membawa pulang Juara 1 dan 2 pada bidang 3D Pattern Aeromodelling di Pagelaran Technogine yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Fisika, Universitas Telkom pada tanggal 17-20 November 2020.

“Alhamdulillah senang sekali karena kerja keras yang telah kami lakukan akhirnya terbayarkan. Untuk harapan kedepannya semoga Tim Bengawan UV dapat terus berprestasi dan masuk ke ranah perlombaan wahana tanpa awak di level internasional,” Ravi pada tim uns.ac.id Senin (23/11/2020)

“Harapannya dengan pencapaian tahun ini, nama UNS dapat lebih dikenal di kancah nasional terutama dalam hal pengembangan teknologi dan untuk Bengawan UV sendiri, semoga dengan pencapaian tahun ini, para anggota dapat terus meningkatkan pencapaiannya, dan semoga banyak mahasiswa UNS yang mulai mengenal Bengawan UV dan terdorong untuk menjadi anggota Bengawan UV,” pungkas Annas. 


Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Sumber: https://uns.ac.id/id/uns-students/bengawan-uv-uns-borong-penghargaan-dalam-kkctbn.html

Sumber: https://uns.ac.id/id/uns-students/bengawan-uv-uns-torehkan-prestasi-di-ajang-krti.html

Sumber: https://uns.ac.id/id/uns-students/tim-bengawan-uv-uns-raih-juara-di-universitas-telkom.html

Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS