Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 20 November 2020

Pekan Teknologi dan Keilmiahan

Share & Comment


Pekan Teknologi dan Keilmiahan merupakan proker baru yang konsepnya dalam satu minggu terdapat pelatihan-pelatihan atau seminar yang bertemakan keteknologian serta hal-hal ilmiah yang bisa diterapkan dimasa kuliah ataupun kelak waktu sudah menjadi alumni. Pada aspek keilmiahan, topik yang diangkat adalah seminar PKM dan juga seminar K3 sedangkan untuk keteknologian topiknya adalah seminar mengenai drone yang dibawakan oleh Frogs.id, seminar WARSTEK, dan juga seminar mengenai teknologi pertambangan yang dibwakan oleh BUMA.

Rangakaian acara yang pertama yaitu Pelatihan K3 pada 9 November 2020. Seminar ini dibawakan oleh Pak Hendrajati sebagai founder HSEI). Materi yang diberikan seputar keselamatan saat bekerja dan juga keselamatan secara umum seperti teori dasar pemadaman api saat kebakaran.“Kita mengankat K3 karena khususnya mahasiswa Teknik itu memerlukan pengetahuan tentang K3 pada saat bekerja nanti baik di perusahaan yang menerapkan SOP K3 dengan baik ataupun di perusahaan yang belum baik pelaksanaan SOP K3 nya” ujar Hibran selaku Ketua Pelaksana.

Acara kedua yaitu pelatihan PKM yang dibawakan oleh kak Khikmah yang merupakan alumni Teknik Kemia UNS yang juga menjadi juara 2 dalama PIMNAS 2020 kategori Presentation and Product Display. Proker ini terbilang lebih unik, karena proker ini merupakan kerjasama antara PPT dengan Akademis. Tema yang diangkat dari seminar ini yaitu mengenai pengetahuan tentang menyusun PKM yang baik dan benar dan bisa lolos di PIMNAS dan materi yang diberikan itu seperti cara mencari teman tim untuk membuat PKM yang baik, dan juga cara menumbuhkan ide dan berpikir kreataf untuk mencara ide topik PKM. 

Seminar ketiga kita yaitu seminar mengenai teknologi drone. Semianr ini dibawakan oleh Pak Dede yang juga sebagai Head of Design Engineer di PT. Frogs Indonesia. Seminar ini mencakup materi mengenai teori dasar cara terbang drone, jenis2 drone, penggunaan drone didalam perusahaan atau indiustri, serta inovasi2 baru dari drone seperti passenger drone. Pada seminar ini, Pak Dede tidak hanya mengajarkan mengenai hal-hal yang sangat basic, tetapi juga hal yang sedikit teknis nih seperti pengaruh kecepatan baling-baling di tiap rotor drone yang berpengaruh terhadap arah gerak drone lho sobat. Selain itu Pak Dede juga menjelaskan kalau drone seringkali digunakan di perusahaan tambang untuk pemataan lahan dan juga sudah sering dipakai di militer untuk pengintaian.

Acara keempat yaitu seminar dari warstek yang dibawakan oleh Dr. Nur Abdillah Siddiq yang juga merupakan Dosen Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM serta Founder Warung Saintek. Sebenenarnya WARSTEK itu merupakan website dan media sosial yang sering mengulas teknologi tetappi dengan cara pembawaan yang tidak membosankan, karena itu tujuan dari seminar ini untuk medorong generasi muda Indonesia untuk menjadi ilmuan dan motivator.

Rangaian acara terakhir yaitu seminar teknologi pertambangan yang dibwakan oleh BUMA pada Jumat, 13 November 2020 yang dibawakan oleh Pak Anton Darmawan salaku Manager Engineering dan juga Pak Leo Ade Kurniawan selaku Manager People and Organization. Buat pembaca yang belum tahu, BUMA ini merupakan perusahaan pertambangan yang daerah operasi tambangnya ada di Kalimantan ya sobat. Materi yang dibawak Pak Anton yaitu mengenai teknologi2 yang ada di pertambangan khususnya di PT. BUMA yang menerapkan industri 4.0 dan society 5,0 sedangkan meteri yang dibawakan oleh Pak Leo yaitu menjelaskan mengenai lingkungan kerja di perusahaan seperti culture kerja dan juga cara menjalin kedekatan dengan para pekerja agar pekerjaan lebih produktif.



Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS