Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 30 November 2020

Kuliah Tamu S1- Teknik Mesin 2020 : HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT

Share & Comment

        Surakarta, 28 November 2020 Prodi S1 – Teknik Mesin (UNS) mengadakan kegiatan rutin dari Divisi Akademis KMTM UNS 2020 yaitu Kuliah Tamu yang di laksanakan secara online. Untuk saat ini tema yang dibawakan pada Kuliah Tamu ini adalah “Human Resource Development”. Pada Kuliah Tamu ini di hadiri oleh para mahasiswa dari jurusan S1-Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret dari seluruh angkatan, dan juga di hadiri oleh Kaprodi S1- Teknik Mesin (UNS), yaitu Dr. Eko Surojo S.T., M.T. Pembicara pada Kuliah Tamu ini ada 3 orang, yaitu : Saraswati Nugraheni sebagai (Recrutment Spv), Myra Tanrian sebagai (HC Strategic), Mike Handayani sebagai (Human Capital) dan mereka semuanya bekerja di PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. Riwayat pendidikan dari para pembicara ini salah satunya adalah Ibuk Saraswati Nugraheni yang merupakan lulusan dari Universitas Surabaya pada tahun 2016 jurusan Psikologi, dan beliau juga pernah bekerja sebagai Recruitment and Assesment Staaff di PT. Intim Harmonis Foods Industri pada Januari 2018-Agustus 2018.

        Pada Kuliah Tamu ini kami di ajarkan bagaiman cara untuk mengembangkan sumber daya atau kemampuan yang kita miliki, dan kita juga diberikan ilmu-ilmu dasar bagaimana cara untuk melamar suatu pekerjaan agar mudah diterima. Adapun yang diperlukan oleh kita untuk mengembangakan daya/kemampuan yang kita miliki dan cara untuk menjadi New Generation adalah dengan : Berjuang menjadi yang terbaik, Terus mengembangkan diri, Selalu optimis, Berpikir realistis, dan juga tidak mudah untuk putus asa. Tahapan-tahapan dalam proses recruitmen biasanya terjadi terdiri dari : Mengirimkan cv dan juga video diri, Tes Psikotes. Interview, dan juga Medical Check Up. Kiat-kiat agar CV yang kita buat simple dan menarik adalah : Sebaiknya CV hanya terdiri dari satu halaman saja, Pesan yang ingin ditonjolkan tertuang dalam CV, Tuliskan nama, lulusan dari mana, jurusan apa, serta juga IPK, Tulis alamat domisili, alamat email, dan juga nomer hp yang aktif, Tulisakan pengalaman organisasi dan juga pengalaman kerja, dan yang terakhir tampilkan foto yang profesional. Dan yang terakhir adalah kiat-kiat dalam proses interview, yaitu : Ceritakan kondisi yang sesungguhnya. , Bicaralah sesuai fakta, dan yang terakhir buatlah suatu kesan yang baik.

        Adapun pesan yang disampaikan beliau kepada kita sebagai New Generation adalah “Agar kita sebagai New Generation untuk selalu memperbaiki skill yang kita miliki baik dalam hal Hard Skill maupun Soft Skill. Dalam dunia pekerjaan bukan hanya saja nilai atau IPK yang diperhatikan, tetapi juga dengan Soft Skill yang kita miliki. Dan ketika kita melamar suatu pekerjaan kita harus yakin bahwa pekerjaan itu sudah sesuai dengan pasioan kita agar kita dapat menikmati pekerjaan kita. Dan beliau juga berpesan agar kita berkata jujur saat proses interview (Ujar Saraswati Nugraheni, Myra Tanria, dan Mike Handayani, Surakarta 28 November 2020). (RDL/I0419081).  - Rani Dwi Larasati (I0419081)

Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS