Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 Desember 2019

Bengawan UV

Share & Comment













üDECONBOTION
Deconbotion merupakan kompetisi RC Boat Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa S-1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro. Event Deconbotion ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2019 di Trekking Mangrove Maerokoco, Semarang. Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret berhasil memperoleh Juara 3 dalam ajang Deconbotion 2019.
üKKCTBN
KKCTBN adalah Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM yang mumpuni di bidang rancang bangun kapal melalui jalur akademis. Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 telah dilaksanakan di Universitas Negeri Malang.
Sebanyak 62 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah bertanding sejak 10 Oktober 2019 hingga 12 Oktober 2019. 62 tim ini terbagi dalam tiga kategori lomba yaitu  Kategori Kapal Kendali Otomatis atau Autonomous Surface Vehicle (ASV), Kategori Kapal Cepat Listrik dengan Sistem Kendali Jauh atau Electric Remote Control (ERC), dan Kategori Kapal Cepat Berbahan Bakar dengan Sistem Kendali Jauh atau Fuel Engine Remote Control (FERC).
Pada pelaksanaannya, Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret berhasil  memperoleh Juara 3 dalam kategori Electric Remote Control (ERC)  dan penghargaan Best Spirit dalam kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019.
üKRTI
KRTI adalah Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dengan tujuan untuk mengembangkan potensi pembuatan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau Pesawat Terbang tanpa Awak di Indonesia. KRTI 2019 yang dituan rumahi oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) diadakan di Lanud Grati, Pasuruan yang berlangsung dari tanggal 1-6 Oktober 2019 telah mempertandingkan lebih dari 40 pertandingan dari keseluruhan divisi. Keseluruhan tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia adu gengsi untuk menunjukkan kualitas robot terbangnya.
Dalam Kompetisi Robot Terbang Indonesia (KRTI), terdapat empat kategori yang di lomba kan, yakni Divisi Racing Plane (RP) sebagai entry level. Divisi Fixed-Wing (FW) sebagai middle level dan real application. Divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL) sebagai advanced level untuk pengembangan teknologi. Divisi Technology Development (TD) sebagai konsep pengembangan teknologi pesawat tanpa awak.
Pada pelaksanaannya, Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret berhasil  memperoleh penghargaan Inovasi Terbaik dalam kategori Fixed-Wing pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019.






Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS