Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 03 Januari 2019

Bengawan Team Universitas Sebelas Maret

Share & Comment




Bengawan Team UNS merupakan badan semi otonom dibawah naungan KMTM. Bengawan Team UNS sendiri terdiri dari Bengawan Automotive Team, Bengawan FSAE Team, dan Bengawan UV Team.

Bengawan Automotive Team merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang setiap tahunnya diikuti yaitu Shell Eco Marathon (SEM) dan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). SEM dan KMHE tersebut merupakan kompetisi tingkat mahasiswa untuk mendesain dan memproduksi kendaraan dengan inovasi terbaru untuk memaksimalkan keefisienan bahan bakar dengan mengembangkan bodi, chassis dan mesin. Pada tahun 2018 ini Bengawan Automotive Team berhasil menjuarai beberapa kompetisi yang diantaranya yaitu, Juara 5 Shell Eco Marathon kategori Urban Diesel, Juara 2 Kontes Mobil Hemat Energi kategori Urban Diesel, dan Juara 5 Kontes Mobil Hemat Energi kategori Urban Bensin.

Bengawan FSAE Team merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan untuk mengikuti kompetisi Student Formula Japan yang diadakan oleh Society of Automotive Engineer (SAE) Jepang yang merupakan bagian dari Society of Automotive Engineer (SAE) Internasional. Student Formula Japan merupakan kompetisi Internasional tingkat mahasiswa untuk merancang, mendesain, dan memproduksi sebuah mobil balap formula yang pada pelaksanaan kompetisinya, penilaian tidak hanya meliputi aspek perfoma mobil. Pada kompetsi ini sebuah tim dituntut dapat mengorganisir seluruh proses pembuatan mobil. Pada tahun 2018 ini Bengawan FSAE Team memperoleh beberapa penghargaan dari keikutsertaannya pada Student Formula Japan, diantaranya yaitu JAMA chairman Award, 7th Overall Rank from Southeast Asia, dan 3rd Place Endurance Event from Indonesia.

Bengawan UV Team merupakan tim yang dibentuk untuk berfokus pada riset wahana nir-awak. Bengawan UV Team sendiri lagi dibagi lagi menjadi 4 yaitu Electric Boat yang ditujukan untuk melakukan riset pada kapal elektrik, Vertical Take Off yang mendalami tentang Rotary Wing berbasis elektrik and Landing, Fixed Wing yang Berfokus pada bidang pesawat elektrik dan Gasoline Boat yang mendalami tentang kapal berbasis Gasoline (bensin). Pada tahun 2018 ini Bengawan UV Team menjuarai beberapa kompetisi, diantaranya yaitu 2nd Place at HTMB Tournament Series #3, 3rd Place at Diponegoro Ship Competition and Race dan 2nd Winner Electric Remote Control Category, Serta berhasil mendapatkan penghargaan Progresivitas Terbaik untuk divisi VTOL pada ajang KRTI.

Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS