Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 03 Desember 2015

ICE-SEAM 2015

Share & Comment
     ICE-SEAM adalah konferensi dua tahunan yang dimulai pada tahun 2009. Sebelumnya, ICE-SEAM adalah seminar penelitian Jurusan Teknik Mesin, yang kemudian diangkat ke tingkat Intenasional dengan fokus pada kemajuan energi bekelanjutan yang didukung oleh teknologi bahan canggih. Konferensi ini merupakan kerjasama dari Universitas Sebelas Maret (Surakarta) dengan University Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) bersama Universitas Brawijaya (Malang), dan Universitas Diponegoro (Semarang).  Konferensi ini pertama kali diadakan di Surakarta pada tahun 2009 dan tahun 2011. Pada tahun 2013, konferensi ini diadakan di Melaka, Malaysia.
     Untuk ICE-SEAM tahun keempat kali ini diselenggarakan di Surakarta, Indonesia pada tanggal 11-12 November 2015. ICE-SEAM tahun keempat mengambil tema “Energy Efficient and Advanced Materials for Sustianable Development”.

     Konferensi ICE-SEAM dimulai dengan upacara pembukaan dari Ketua ICE-SEAM 2015 yaitu Dr. Triyono. Kemudian dilanjutkan dengan pidato pembukaan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Bp.Sholihin As’ad.
     Setelah coffe break, acara dilanjutkan dengan sesi keynote. Pada sesi ini,yang berperan sebagai chairman adalah Dr. Agung Tri Wijayanta dari Universitas Sebelas Maret. Chairman adalah orang yang berperan untuk mengatur jalannya sesi tersebut, atau dengan kata lain sebagai moderator. Pidato keynote pertama oleh Prof. Datuk Dr. Abu Abdullah dari Universitas Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) yang menyampaikan tentang industri komposit di Malaysia. Keynote yang kedua adalah dari Dr. Abdul Hakim Almajid dari Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Raja Saud (Arab Saudi) dengan judul Desain Microfibillar Komposit (MFC) dari Polimer Blends untuk Konservasi Energi. Dan keynote yang terakhir adalah oleh Prof. Kosaku Kurata dari Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Kyushu (Jepang) dengan judul Aplikasi Medis Intense Pulsa Elektrik Untuk Kesehatan Berkelanjutan.
 
     Setelah sesi keynote selesai, acara selanjutnya adalah sesi parallel yaitu mempresentasikan masing-masing paper dari tiap peserta konferensi. Sesi parallel pertama,peserta konferensi dipisahkan kedalam enam ruang berbeda sesuai disiplin ilmu masing-masing paper.Ruangan tersebut mewakili tiga disiplin ilmu yang berbeda yaitu material, energi, dan desain&modeling. Pada tiap-tiap ruang presentasi, ada seorang chairman yang mengatur jalannya presentasi paper peserta konferensi. Sesi parallel dibagi menjadi dua sesi yaitu parallel sesi pertama dan parallel sesi kedua.     
      Setelah sesi parallel usai, peserta konferensi mengahadiri acara Gala Dinner sekaligus upacara penutupan di Ballroom. Peserta konferensi dihibur dengan musik jawa dan tarian jawa pada malam itu.Dan pada keesokan harinya, peserta konferensi mengikuti acara City Tour yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2015. Tempat tujuan dari city tour adalah Museum Mangkunegaran, Pasar Antik Ngarsopuro, Museum Batik Danar Hadi, dan Kampung Batik Laweyan.  

Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS