Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 11 November 2015

Anjang Karya KMTM 2015

Share & Comment

Pada tanggal 1-3 November lalu, Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) FT UNS melakukan kegiatan kunjungan ke Surabaya dan Malang. Acara yang diberi nama Anjang Karya tersebut, digagas oleh divisi humas KMTM. Acara tersebut diikuti oleh 33 peserta dari pengurus dan anggota KMTM, serta perwakilan dosen Teknik Mesin. Dalam kunjungan tersebut, KMTM mengunjungi PT DOK dan Perkapalan Surabya (PT. Dps), PT. Indofood CBP, dan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITS.

Perjalanan menuju Surabaya dimulai dari kampus UNS pukul 21.00 menggunakan bus. Pada waktu subuh, kami transit dan makan pagi di salah satu warung makan di daerah Watukosek, Pasuruan. Lalu, pukul 7 pagi kami melanjutkan perjalan menuju PT DPS. PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) merupakan perusahaan BUMN produksi kapal terbesar kedua setelah PT. PAL Surabaya (Persero), didirikan pada tanggal 22 September 1910 oleh Pemerintah kolonial Belanda di Amsterdam. Di PT DPS, kami belajar banyak mengenai proses-proses dalam produksi kapal. Setelah itu, kami ISHOMA di warung makan gempol sekaligus mempersiapkan diri menuju PT. Indofood CBP, karena sesuai dengan aturannya kami harus mengenakan kemeja putih dan celana hitam ketika melakukan kunjungan.

Dalam kunjungan ke PT. Indofood CBP Surabaya, kami belajar mengenai beberapa proses dalam produksi mie instan yang diproduksi oleh PT. Indofood CBP, mulai dari proses pengolahan bahan sampai proses pengemasan. Di sana kami juga melakukan sesi sharing bersama perwakilan dari PT. Indofood CBP. Dalam sharing tersebut kami mendapat beberapa pengetahuan baru, seperti tata cara mengkonsumsi mie instan secara sehat. Setelah kunjungan di PT. Indofood CBP, kami melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Waktu maghrib kami sampai di salah satu penginapan di Surabaya dan instirahat.

Pagi hari setelah sarapan, kami melakukan kunjungan ke HMM FTI ITS. Setelah sampai di kampus ITS, kami langsung di sambut oleh beberapa mahasiswa perwakilan pengurus HMM FTI ITS. Acara dimulai dengan sesi sharing bersama antara KMTM FT UNS dan HMM FTI ITS. Dalam sesi ini kami banyak mendapat ilmu baru tentang keorganisasian di dalam HMM FTI ITS, pengelolaan kegiatan organisasi, dan beberapa ormawa di bawah HMM FTI ITS yang belum dimiliki oleh KMTM FT UNS. Setelah sesi tersebut kami diajak untuk mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di jurusan Teknik Mesin ITS dan kami juga diajak ke gedung MOLINA ITS. Disana kami dapat melihat beberapa produk mobil yang sudah berhasil ITS kembangkan dan tentunya hal ini memacu kami untuk bisa lebih maju dan dapat bersaing dengan mereka.

Acara kunjungan ke HMM FTI ITS berakhir pukul 12 siang, kami pamit dan makan siang bersama. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju kota wisata Batu, Malang. Di kota Batu, kami berwisata ke Museum Angkut hingga pukul 8 malam. Setelah itu kami transit makan malam dan melanjutkan perjalanan kembali ke Solo.

Dalam Anjang Karya tersebut, banyak ilmu dan pengetahuan baru yang kami dapat. Semoga pengetahuan dan ilmu baru tersebut bermanfaat dan dapat kami gunakan serta terapkan untuk kebaikan, juga untuk KMTM FT UNS serta jurusan Teknik Mesin yang lebih baik. Amin.
Tags: ,

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...