Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 06 Oktober 2015

Makrab Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin UNS

Share & Comment


Setelah rangkaian Injeksi atau Inagurasi Antar Jenjang Teknik Mesin 2015 untuk mahasiswa baru Teknik Mesin UNS 2015, KMTM mengadakan Malam Keakraban yang dilaksanakan pada 3 dan 4 Oktober 2015 yang dilaksanakan di Telaga Madirda, Kemuning, Karanganyar.

Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa baru dengan kakak tingkat Teknik Mesin UNS dari berbagai angkatan. Serangkaian acara dilakukan pada acara makrab ini, diantaranya Sarasehan antarangkatan, pertunjukan seni tiap angkatan, dan outbound.

Pada Sabtu, 3 Oktober 2015, peserta makrab dikumpulkan di Gedung I Fakultas Teknik Mesin UNS kemudian berangkat menggunakan kendaraan yang disediakan panitia. Setelah tiba di lokasi, peserta makrab mendirikan tenda.

Malam harinya, diadakan sarasehan antarangkatan Teknik Mesin UNS yang diawali dari Ketua KMTM tahun 2015, Dandy Anugrah, angkatan 2012. Beliau banyak menyampaikan pesan dan nasihat kepada mahasiswa baru, yaitu angkatan 2015. Dandy berpesan bahwa kuliah jangan hanya sekedar kuliah, tapi juga harus berorganisasi, karena di organisasilah mahasiswa dapat melatih soft skill yang tidak diajarkan dosen.
Dandy menekankan bahwa KMTM adalah prioritas utama dalam berorganisasi, karena KMTM adalah rumah kedua bagi mahasiswa Teknik Mesin UNS. “KMTM adalah Nafasku” adalah salah satu poin dari sumpah Teknik Mesin yang digaungkan sejak mahasiswa mengikuti Injeksi. Maksud dari poin ini jika kita tidak berpegangan pada prinsip-prinsip KMTM, kita akan mati, karena tidak bernafas. Mati disini adalah tidak adanya modal softskill yang terasah selama masa kuliah yang menyebabkan mahasiswa sulit beradaptasi di dunia kerja.

Acara dilanjutkan dengan Peformance Art dari tiap angkatan. Kebanyakan angkatan menampilkan atraksinya dengan bermain akustik. Semua peserta menjalani rangkaian acara ini dengan kesenangan dan suasana makrab makin akrab, karena panitia mengaharuskan tiap angkatan berbaur dengan angkatan lain agar bisa saling mengenal satu sama lain.

Pagi hari sekitar pukul 6 pagi, diadakan outbound yang dilaksanakan oleh peserta dengan 8 tim. Setiap tim dicampur antara angkatan 2012, 2013, 2014, dan 2015. Setiap tim mendapatkan amplop yang harus terisi sebuah petunjuk saat tim melewati pos outbound yang berjumlah 8 pos. 

Setelah rangkaian tantangan outbound berhasil diselesaikan, panitia mengumpulkan peserta outbound untuk memecahkan petunjuk yang didapat ditiap pos. 8 amplop sebelumnya dinamai dengan 1 huruf yang jika dirangkai adalah KELUARGA. Ternyata, petunjuk di dalam amplop berhubungan dengan tim lainnya dan akan membuat sebuah rangkaian kalimat. Setelah didiskusikan tercipta kalimat “KELUARGA BUKAN HANYA SEKEDAR NAMA, KELUARGA ADALAH SEGALANYA”. 

Itulah inti dari acara makrab KMTM 2015 ini, jadi kita jangan hanya menganggap KMTM sebuah nama, tetapi KMTM adalah segalanya, tempat kita berkeluh kesah, bertanya tentang pengalaman, mengasah berbagai skill yang tidak diajarkan dosen, dan masih banyak lagi.Semoga dengan makrab ini, kita bisa menjadi semakin akrab dan solid, Teknik Mesin, Jaya!


Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS