Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 28 April 2015

Kompetisi Robot Line Follower Solo Mechanical Festival 2015

Share & Comment


Kompetisi Robot Line Follower  merupakan serangkaian acara Mechanical Festival 2015 yang digagas Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) UNS, dengan tema Teknologi Cerdas untuk Masa Depan Cerah. Pengertian dari robot line follower itu sendiri adalah robot yang dapat berjalan mengikuti sebuah lintasan, ada yang menyebutnya dengan line tracker, line tracker robot, dan sebagainya. Garis yang dimaksud adalah garis berwarna hitam di atas permukaan berwarna putih. 


Kompetisi robot line follower bertempat di Student Center UNS. Kompetisi ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu, 25-26 April 2015 dan diikuti oleh 56 tim dari mahasiswa dan siswa SMA se-Jawa. Setiap tim beranggotakan 3 orang. Dalam setiap pertandingan terdiri dari 4 tim yang masing-masing diwakili oleh satu orang. Para peserta kompetisi terlihat serius menekan-nekan tombol atau mengecek keadaan robot mereka sebelum menjalankan robot di area pertandingan saat wasit memberikan tanda mulainya pertandingan. Dengan waktu tak lebih dari tiga menit, robot-robot mereka harus mengikuti garis-garis hitam dari titik start sampai finish. Mereka saling beradu kecepatan dan kegesitan robot dalam mengikuti garis-garis hitam. Dalam Kompetisi Robot Line Follower kali ini akan diambil 4 pemenang yaitu juara I, juara II, juara III, dan robot dengan desain terbaik, dengan total hadiahnya 10 juta rupiah.


Pada hari pertama kompetisi, total tim yang mengikuti adalah 56. Ke-56 tim ini saling beradu hingga hanya tersisa 16 tim yang masuk ke babak semifinal. Di hari kedua, ke-16 tim tersebut bertanding dengan sangat ketat dan hanya 4 tim yang masuk ke babak final. Dari ke-4 tim ini masih ditandingkan lagi. Pemenang-pemenang Kompetisi Robot Line Follower ini adalah juara 1 tim dari Universitas Gadjah Mada dengan robotnya bernama Panzer X Mega, juara 2 tim dari Universitas Muhammadyah Yogyakarta dengan robotnya bernama Ichibot Auctor, dan juara 3 tim dari Universitas Muhammadyah Surakarta, dengan robotnya bernama Ichibitor RR Eleven X. Untuk pemenang yang menyabet predikat robot dengan desain terbaik adalah tim dari Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir - Batan Yogyakarta dengan robotnya bernama Lombok Ijo Trio.



Menurut Ketua Panitia Kompetisi Robot Line Follower Miftahul Yosqi Mahfudz, mahasiswa jurusan Teknik Mesin UNS angkatan 2012, acara yang dilaksanakan ini terselenggara untuk bisa menjadi wadah aspirasi anak-anak Indonesia yang memiliki perhatian dengan dunia elektronik.






Tags: ,
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS