Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 04 April 2014

ABS (Anti-Lock Braking System), Keselamatan Aktif Pada Mobil

Share & Comment
Liek ToyotaSurabaya. Toyota mengembangkan teknologi keselamatan aktif (Active Safety) adalah untuk membantu menjamin keselamatan mobil dan membantu pengemudi untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Keselamatan aktif merupakan teknologi keselamatan yang perantinya diatur oleh perangkat elektronik atau komputer. ABS, EBD, dan BA merupakan salah satu keselamatan aktif yang diciptakan Toyota untuk sistem pengereman.

ABS merupakan sistem keselamatan aktif yang menjaga agar roda kendaraan untuk terus mempunyai traksi dengan permukaan jalan karena adanya tindakan pengereman dari pengemudi, serta mencegah terjadinya penguncian pada roda. ABS terdiri dari sensor, modulator, unit control dan katup pengatur. Sensor dipasang pada roda untuk mendeteksi pengereman dan saat roda mulai terkunci, sinyal yang diberikan oleh sensor ditransmisikan oleh unit control yang terdiri dari beberapa modul untuk roda yang terkunci dan modul untuk memberikan sinyal kepada modulator tekanan agar ban berputar, sesaat tekanan terlepas, rem berfungsi kembali dan proses ini bekerja sangat cepat sehingga terjadi getaran pada pedal rem.




ABS sebagai keselamatan aktif memerlukan perangkat pendukung untuk beberapa hal tak terduga pada saat pengereman dalam keadaan darurat seperti pengereman mendadak. Beberapa pengamatan menunjukkan bahwa beberapa pengemudi tidak menginjak pedal rem dengan cepat dan cukup kuat untuk melakukan pengereman dalam keadaan panik atau mendadak. BA (Brake Assist) berfungsi untuk membantu menambah tekanan pedal rem saat terjadi kejadian yang mendadak, karena sistem ABS kondisi pedal rem harus diinjak sekuat-kuatnya.

EBD pendistribusian daya pengereman ke semua roda secara
elektronik sesuai denan kondisi beban | Toyota Surabaya



BA - Break Assist menambah daya pengereman saat terjadi pengereman mendadak | Toyota Surabaya

Pendukung sistem keselamatan aktif yang lain pada ABS adalah Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Komponen pendukung ini berfungsi pengaturan distribusi daya pengereman ke semua roda secara elektronik sesuai dengan kondisi pembagian beban kendaraan yang ditanggung setiap roda.

Ketiga perangkat tersebut digabungkan menjadi ABS + EBD + BA sehingga bekerja optimal dan saling mendukung untuk menghasilkan sistem pengereman yang efektif pada saat pengereman mendadak ataupun di jalan licin. Toyota Camry, Corolla Altis, Vios, Fortuner, Rush, All New Avanza 1.5 Veloz dan Yaris telah menggunakan fitur keselamatan aktif seperti ABS, EBD, dan BA.

Tags:
 

Berita Populer

Bengawan Team UNS meraih posisi runner-up di Shell Eco-marathon Asia 2014. Selengkapnya...
Di Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013 Tim Bengawan meraih juara dua. Selengkapnya...

Berita Terbaru

Ikuti kami melalui email

Copyright © KMTM FT UNS | Designed by KOMINFO KMTM FT UNS